Menyajikan Informasi dan Inspirasi


  • News

    Saturday, January 30, 2016

    Harris J, Justin Bieber Muslim Yang Hapal Al-Qur’an 10 Juz

    Sekilas melihat penampilannya, tidak ada yang berbeda antara Harris J dengan pemuda-pemuda Inggris usia 18 tahunan lainnya. Ia memiliki wajah manis, khas blasteran Asia dan Eropa, serta berpakaian layaknya pemuda-pemuda Eropa lainnya. Tapi ternyata, ia adalah seorang penyanyi muda muslim yang sedang naik daun, khususnya di komunitas-komunitas muda muslim dunia.

    Harris J mulai dikenal publik muslim ketika ia mengikuti ajang pencarian bakat lewat sosial media di tahun 2013 yang dilakukan oleh Awakening Records, sebuah perusahaan asal Inggris Raya yang berkonsentrasi pada musik Islami dan telah mengorbitkan penyanyi ternama seperti Maher Zain, Saif Adam, dan Raef. Di ajang pencarian bakat Awakening Talent Contest inilah bakatnya mulai dilirik dan akhirnya penyanyi muda bernama lengkap Harris Jung ini memenangkannya. Ia kemudian menandatangi kontrak eksklusif dengan perusahaan rekaman tersebut.
    Lahir di jantung kota London tepatnya di Chelsea, Harris J lahir sebagai anak tertua di keluarganya. Sedari kecil ia selalu sadar bahwa ia adalah seorang muslim. Masa sekolahnya ia habiskan di Gatton School, sebuah sekolah dasar untuk muslim yang bangunannya didirikan oleh kalangan sendiri dan tidak memungut biaya melainkan sukarela, menerima biaya operasi dari pemerintah sehingga sekolah wajib untuk mengikuti kurikulum nasional, disebut juga VA school atau voluntary aided school. Di sekolah yang berlokasi di London selatan ini ia belajar mengaji dan menghapal Al-Qur’an.
    Layaknya anak muda Inggris lainnya, ia punya banyak ketertarikan terutama pada sepak bola. Harris sangat suka sepak bola. Usia 12 tahun Harris masuk Elite Training Club di Chelsea Academy untuk mendapatkan pelatihan eksklusif dari para ahli selama beberapa tahun di lapangan tempat berlatih klub sepak bola terkenal Chelsea FC.

    Meskipun menyukai sepak bola, minat terbesar Harris adalah pada menyanyi. Sejak kecil bakat menyanyi Harris sudah terlihat. Ia mulai menyanyi pada acara sekolah dan acara-acara pertemuan ketika masih berusia 5 tahun. Pemuda berdarah India, Jamaika, dan Irlandia ini baru saja lulus dari BRIT School of Performing Arts di London tepatnya bulan Juli kemarin. Sekolah yang terkenal telah melahirkan musisi berbakat dan terkenal seperti Adele, Imogen Heap, Jessie J, Leona Lewis, dan Amy Winehouse.

    Sejak kelulusannya dari BRIT School, Harris mulai tur menyanyi di acara-acara amal di Inggris Raya dan konser untuk Mandela di Afrika Selatan. World Music Trends telah mengidentifikasi Harris sebagai “seorang artis yang akan mengambil dunia musik Islami seperti badai”.

    Bulan September kemarin, Harris J bersama Awakening Records baru saja meluncurkan album perdananya yaitu Salam yang berarti damai dengan single berjudul Salam Alaikum. Pemuda yang rajin shalat lima waktu dan sudah hapal bacaan ayat Al-Qur’an sebanyak 7 juz ini disebut-sebut memiliki wajah dan suara mirip Justin Bieber hingga disebut Justin Bieber muslim. Ia juga disebut-sebut sebagai Maher Zain kecil karena lagu-lagu pada albumnya yang Islami dan sedikit bearoma Timur Tengah serta Asia Selatan. Kini single Salam Alaikum telah ditonton oleh lebih dari 5 juta penonton Youtube, yang menandakan bahwa musik Harris cukup menarik dan menyedot perhatian orang.

    Meskipun ada beberapa kontroversi karena ada sebagian muslim yang berpendapat bahwa musik adalah haram, tujuan Harris menyanyi tiada lain adalah karena ingin menyebarluaskan pesan bahwa dirinya bangga sebagai muslim dan Islam adalah agama damai. Selain itu, ia ingin para pemuda muslim yang sudah terbiasa dengan lagu-lagu pop umum beralih mendengarkan lagu-lagu dengan lirik positif, yang dapat membawa mereka mengingat akan Tuhan, yang tentunya lebih berguna seperti yang ia sampaikan berikut ini.

    “Saya hanya ingin membuat musik yang tidak berbicara tentang hal-hal tidak penting seperti obat-obatan dan hal-hal lain semacamnya, saya hanya ingin berbicara tentang hal-hal yang terdengar bermoral dan hal-hal yang orang-orang dapat meraih manfaat darinya setiap hari. Saya selalu ingin membuat sebuah perubahan lewat musik yang orang-orang, terutama remaja, dengarkan akhir-akhir ini.”

    “Pesan saya kepada dunia adalah hanya ingin menunjukan kebenaran yang ada dibalik idealisme dan kepercayaan dalam agama kami. Saya sedang mencoba menunjukan kepada mereka, bahwa Islam bukanlah apa yang mereka lihat setiap hari dalam berita. Islam adalah agama damai dan cinta. Saya ingin membuat sebuah perbedaan yang positif.”

    Mengenai apa arti Islam bagi dirinya, Harris J mengatakan bahwa Islam adalah sesuatu yang ia anut dan ikuti setiap harinya dalam hidup. Salah satunya dengan beribadah sebanyak lima kali dalam sehari. Semua orang tahu bahwa Islam dapat digambarkan sebagai agama yang padahal bukan itu intinya. Islam merupakan agama yang murni dan seutuhnya tentang damai atau kedamaian. Kapan pun ia dalam masalah, atau ketika ada sesuatu yang membuatnya khawatir, ia segera mengalihkannya pada agama. Islam merupakan sumber yang membuatnya nyaman. Islam adalah faktor terpenting dalam hidupnya.

    Selain lagu Salam Alaikum, Harris J juga menyanyikan lagu lain yang dapat kita nikmati di akun Awakening Records pada Youtube seperti lagu Good Life yang berisi tentang berterima kasih atas hidup yang baik, I Promise yang berisi tentang janjinya akan terus bersama keluarganya, Rasool’Allah tentang sejarah Rasulullah saw., dan Paradise yang berisi tentang mimpi seorang anak laki-laki untuk mencapai surga dan lagu lainnya yang sangat nyaman didengar dengan kata kata positif serta ajakan untuk menjalani hidup dengan baik seperti Worth It yang dinyanyikan bersama Saif Adam dan You Are My Life juga My Hero yang menjadikan Nabi Muhammad sebagai pahlawan kita.

    Sumber:4muda.com

    No comments:

    Post a Comment